Murai Batu Mabung??Pakai Cara ini Agar Cepat Tuntas Mabungnya

Murai Batu Mabung??Pakai Cara ini Agar Cepat Tuntas Mabungnya

DUNIA BURUNG-Bukan melulu pemain pemula saja namun tidak jarang pun pemain yang telah senior tidak jarang kali bingung dalam menanggulangi perawatan murai batu saat dalam situasi mabung / rontok bulu, situasi mabung dan rontok bulu memang situasi alami yang dapat terjadi pada seluruh jenis burung, jadi tidak saja murai batu jenis burung lainnya pun akan merasakan rontok bulu. Sebenarnya rontok bulu tersebut bukan dirintangi atau disegerakan prosesnya karena tersebut tandanya kamu mencegah fenomena alami pada burung anda, usahakan rontok bulu tersebut dirawat supaya bisa menolong proses pemulihannya.

Banyak sekali pemain murai batu, baik yang pemula maupun yang telah top terjebak pada ketika mengkondisikan MB jawaranya sesudah mabung, urusan ini disebabkan keinginannya guna segera melombakan pulang burung jawaranya.
Ada sejumlah hal yang mesti benar-benar diacuhkan oleh kamu pada ketika merawat murai masa-masa mabung inilah rawatannya

Kiat-kiat mengasuh murai batu di ketika mabung :


  • Bersihkan sangkar murai batu yang sedang mabung masing-masing saat, tidak boleh lupa pakai SHAMPO JATIJAJAR guna membersihkannya supaya terhindar dari bakteri.
  • Kurangi pemberian porsi jangkrik dan porsi krotonya atau dapat juga sama sekali kamu jangan menyerahkan jangkrik dan kroto pada ketika murai kamu sedang mabung.
  • Selama mulai rontok bulu usahakan murai batu kamu hindari guna penjemuran.
  • Mandikan murai batu kamu jangan terlampau sering, bila seringkali setiap hari kamu mandikan maka ketika rontok bulu kamu bisa memandikannya dua-tiga hari sekali saja. Selain tersebut rubahlah masa-masa mandi murai batu anda, yang seringkali di pagi hari rubahlah menjadi satu kali di siang hari saja.
  • Berikan vitamin di air minumnya EBOD VIT 5 tetes yang dicampurkan, untuk menolong menjaga kesehatan murai anda.
  • Jadi walau dalam situasi yang sedang mabung murai kamu tetap tidak kehilangan kesehatannya dan staminanya.
  • Cukup simpel merawat murai batu yang mabung, kamu hanya bermukim bersabar dan mengekor prosesnya saja, tidak perlu tidak sedikit inovasi dan terburu-buru hendak menyudahi proses mabungnya karena dapat jadi murai kamu bukannnya mempercepat proses mabung malah malah stess dan menghambat proses mabungnya.

Setelah mabung inilah perawatan murai batu pada ketika mulai tumbuh bulu :

Pada ketika semua bulu, baik kepala, badan, sayap maupun ekor telah jatuh maka kembalikan porsi rawatan untuk porsi rawatan harian laksana biasa baik makanan maupun pola mandinya. Ingat tidak boleh pernah menjemur burung yang sedang tumbuh bulu sampai seluruh bulunya khususnya ekor dan sayap berlalu masa pertumbuhannya (full) sebab ini bakal menghentikan perkembangan bulu khususnya ekor dan menciptakan bulu bakal cepat tua.
Selama perkembangan bulu tetap kamu berikan EBOD VIT masing-masing harinya.
Burung mesti terus dikrodong setelah diserahkan makanan dan dimurnikan kandangnya baik sebelum atau sesudah mandi di lokasi yang teduh dan berikan burung isian disekelilingnya.
Setelah bulu ekor dan sayap tumbuh maksimal mulailah dilaksanakan secara bertahap :

  • Minggu ke 1 dijemur sekitar 1 / 2 jam
  • Minggu ke 2 dijemur sekitar 3 / 4 jam
  • Minggu ke 3 dan ke 4 sekitar 1 jam
  • Minggu ke 5 dan ke 6 sekitar 1.5 jam
  • Minggu ke 7 dan ke 8 sekitar 2 jam
Setelah proses tumbuh bulu pada murai berlangsung dengan baik dan berangsur-angsur membaik usahakan kamu jangan memiliki pikiran bakal segera menurunkannya pulang ke arena lomba, tunggulah sebentar dan biarkan bulunya tumbuh lebat dulu lantas biarkan murai kamu juga istirahat supaya tidak stress dan bakal lebih maksimal ketika kamu turunkan pulang ke arena lomba, bersabarlah dan bila kamu sudah tidak sabar menantikan burung kamu segera diturunkan ke arena lomba alternative lainnya ialah anda melakukan pembelian amunisi baru untuk sedangkan mengubah amunisi kamu yang sedang rontok bulu.







sumber : mediaronggolawe.id

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel