Tips Cara Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong (Nangkur,Kuda Laut, Mbedesi)

Tips Cara Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong (Nangkur,Kuda Laut, Mbedesi)

DUNIA BURUNG-Burung kacer adalahsalah satu jenis burung yang cukup tidak sedikit peminatnya. Hal ini sebab kicauannya yang indah, warna bulu yang kontras dan perawatannya lumayan mudah. Namun terdapat satu masalah yang tidak jarang timbul, yakni mbedhesi/ mbagong / kuda laut. Berikut tips2 guna mengatasinya.

Mbagong/mbedhesi/nangkur/kuda laut dll tersebut istilah guna satu jenis penyakitnya kacer. Membentuk laksana kuda laut, bulu berdiri (merinding) disertai bunyi “ter… Ter…ter… ” seringkali sifat ini bakal muncul andai kacer menyaksikan lawan, denger suara burung lain, dsb.

Kebanyakan kacer tentu mbagong dan tersebut tidak bisa dipungkiri karena tersebut bawaan dari alamnya.saya berani jamin dah burung2 kacer yang bagus2 dilapangan lomba sepintas emang tidak bagong namun coba disaksikan sehari2 nya harus dia bakal sempat bagong cuman yang terpenting ialah perawatan dan penguncian di lapangan yang mesti tambahan ketat.
Cara menanggulangi kacer mbagong / mbedhesi (jawa) / kuda laut dengan prinsip laksana temen saya pun bilang “kurangi rasa birahi”, yakni dengan:

  1. Kurangi / hilangkan sedangkan pemberian extra-fooding nya, alias berikan dia makanan keseharian dengan voor saja.
  2. Perbanyak jam gantang di terik matahari dan tungguin tidak boleh sampai dia lemes (entar mati…kasihan khan..)
  3. Kurangi mandi (kalo butuh seminggu sekali enggak pa-pa, spt khasus kepunyaan saya)
  4. Tambahkan tetes vitamin di air minumnya (sesuai aturan dikemasan) 
  5. Setelah bagong / bedhes nya hilang baru anda kasih ef-nya dikit-dikit, tidak boleh terlalu tidak sedikit bisa-bisa entar cepet kambuh lagi.

Kacer mbagong tersebut ada yang mudah sembuhnya terdapat pula yg amat-2 susah untuk disembuhkan, jajaki tempel sesama kacer sdh jalan lagi hingga akhir tanpa mbagong.

Kesimpulan saya, klau kacer dasarnya tidak mbagong anda pulihkan dgn membetulkan mentalnya ( menjauhkan burung-2 yg dia takuti, dan anda buat dia senyaman barangkali pada perawatan hariannya) bakal pulih lebih cepat. Lain lagi bila kacer anda sdh mbagong dari sononya waduh saya sdh lebih dari 10 korbannya belum juga dapat sembuh,

Tips

ciri-2 kacer yg tidak mudah mbagong, seringkali itu burung agak lincah / kesit ( tidak jinak ) dan tidak usah gunakan dimainkan tangan guna perawatannya spy tidak jadi kolokan.

Sebaiknya perawatan burung tersebut jangan terlampau berlebih,kita stel saja dalam kondisi

1.kondisi harian :

dalam urusan ini perawatan ditujukan guna harian saja,seperti kalo harian tersebut dia suka dikasih 10 pagi 10 sore,ya kalo udah setelan nya gt masak inginkan dirubah lagi.iya sih sih burung kenceng kerjanya namun kan sayang skalo burung kenceng ndak terdapat musuh nya ntar jd bobrok tuh burung.

2.kondisi lomba :

ini yang mesti dicermati,karena situasi ini si burung mesti betul2 prima dan jos di lapangan.maka dari tersebut yang seringkali si burung dikasih 10 biji 2kali sehari maka menunya pulang menjadi 2 kal lipatnya alias 20 pagi sore.dan tersebut harus diperbanyak 5 biji sebelum turun ke lapangan kontes tersebut akan menciptakan si burung menjadi kenceng.dengan daftar itu dalam situasi normal perawatnnya. And full kerodong.

Anda pun bida coba menanggulangi kacer mbangong / mballon/ mbedhesi (jawa) dengan teknik istilahnya dibalikkan kesuasana alamnya guna burung kacer itu menjadi siap lomba pulang dengan teknik :

  1. Menjauhkan dari burung-burung beda yang sedang gacor alias disendirikan.
  2. Dimasukan kekandang umbaran yang diciptakan dasarnya langsung ketanah, kurung umbarannya diciptakan dari strimin, dan diciptakan seperti dialamnya.
  3. Kalau tidak memiliki tempat umbaran lumayan full kerodong saja kandangnya, walaupun dalam posisi penjemuran.
  4. Tempat bak mandinya dikasih pasir yang sudah dibersihkan bersih, supaya laksana dialamnya pulang dengan kriteria dipertahankan kebersihannya setelah digunakan untuk mandi burung kita.
  5. Selama penyembuhan tidak boleh dikasih ef lumayan pur saja.
  6. Dalam pemberian pada minuman tetap selalu diserahkan vitamin, agar kondisinya tetap prima.

Semua itu dilaksanakan selama 1 (satu) bulan, dan setelah tersebut baru diserahkan lagi ef dengan teknik sedikit demi tidak banyak sampai pada posisi maksimal sekitar 1 (satu) bulan dan setelah dipercayai siap lomba barulah burung kesayangan anda dilombakan kembali guna merebut sang juara. Semoga Bermanfaat.















sumber : globalj4v4.blogspot.com

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel