Budidaya Burung Kenari Pemula

Budidaya Burung Kenari Pemula

DUNIA BURUNG-Kali ini SentraBudidaya bakal mengupas secara mendetail mengenai teknik ternak kenari yang benar, khususnya untuk pemula. Cara ternak kenari yang kesatu yang mesti anda lakukan ialah berkenalan dengan ciri khas burung kenari, sebagai berikut tipikal burung kenari yang mesti kamu ketahui:

Mudah Terangsang

Tipikal burung kenari yang kesatu ialah mudah terangsang, jadi usahakan kamu jangan merawat satu jenis burung, sebab dia tentu akan tersiksa, sama seperti kamu kalau jomblo bertahun-tahun lagipula kalau umur sudah nyaris 30 tahun, tentulah resah dan geliha, begitu pun kenari.
Burung ini sangat gampang sekali terangsang atau birahi, khususnya untuk burung jantan. Nah, sebab burung ini sangat gampang birahi, maka pembudidaya akan gampang untuk mengembangbiakan kenari dengan cepat, satu laki-laki dapat melayani sejumlah betina.

Burung Petarung

Karakteristik burung kenari selanjutnya merupakan, di alam, burung kenari adalahburung petarung, di samping itu, kicauannya yang estetis dengan suara melengking sebagai pembuktian bahwa burung ini ingin dinyatakan kejantanannya.

Nah, sebab kicauan burung ini yang melengkinglah yang menciptakan para tukang koleksi kepincut guna memilikinya.

Mudah Dijinakkan

Type burung kenari ialah sangat gampang dijinakkan. Kalau dia telah kenal dengan pemilik karena tidak jarang merawatnya, memberi makan, minum, maka burung ini seringkali akan berkicau dengan keras ketika ketemu empunya.
Burung ini sangat gampang beradaptasi dan mengenali sang empunya. Karakter berikut yang dipunyai oleh burung kenari yang tidak akan anda temukan dari jenis burung yang lain.

Tidak Gampang Stres

Karakter burung kenari yang sangat digemari oleh breeder ialah tidak mudah stress, lain dengan anda yang tidak sedikit hutang, pasti mudah stress, maka dari tersebut untuk menghilangkan stress anda pelihara burung. Meskipun burung kenari pindah sana-sini, tetapi tetap saja tidak gampang stress.

Meskipun pindah sana-sini, burung ini bakal terus tetap berkicau, berikut salah satu dalil para peternak burung atau breeder menyenangi jenis burung kenari.

Mudah Beradaptasi

Kalau tadi telah saya sampaikan bahwa burung ini sangat gampang mengenali empunya, meskipun burung ini jenis burung endemik dari Afrika dan Eropa. Namun sebab kemampuannya beradaptasi di lingkungan baru, maka burung kenari sangat pantas untuk diternakkan sekaligus dipelihara.
Bedakan Antara Kenari Betina Dan Jantan
Bagi breeder, memahami jenis kelamin kenari ialah prasyarat khusus. Kalau untuk pembudidaya burung kenari, memahami jenis kelamin menjadi hal mesti yang harus kamu miliki. Kita mesti mengetahui teknik membedakan kenari betina dan jantan. Berikut ini teknik membedakannya:

Bentuk Telur

Sebelum menetas, kita dapat memprediksi dengan akurat bahwa telur jantan pada lazimnya memiliki format lonjong atau oval sementara kenari betina mempunyai format agak bulat.

Bentuk Tubuh

Kalau disaksikan dari format tubuhnya, kenari jantan secara kasat mata bentuknya lebih langsing dan ramping dengan format tubuh memanjang, sementara kenari betina seringkali bentuknya bulat atau buntek.

Kicauan Kenari

Kalau dari kicauannya, kenari jantan yang berumur tidak cukup ± 1 bulan, seringkali akan terus mengoceh. Sedangkan kenari betini lebih tidak sedikit diam.

Seiring berjalannya waktu, kamu secara insting akan gampang membedakana antara kenari jantan dan kenari betina. Dengan memisahkan antara betina dan jantan, maka kamu sudah selangkah menuju teknik ternak kenari yang benar.

Persiapan Kandang

Pemilihan kandang pun menjadi di antara hal yang urgen dalam ternak kenari. Hal yang mesti kamu perhatikan ialah kandang yang akan kamu jadikan sebagai rumah untuk kenari mesti bebas dari gangguan pemangsa. Bagi mensiasati hewan-hewan pengganggu laksana semut, serangga atau fauna kecil lainnya kamu bisa memakai kapur ajaib.
Untuk sangkar burung yang besar, usahakan kamu olesi oli pada tiap-tiap kaki kandangnya. Untuk menangkal serangan dari tikus, dapat menempatkan sangkar pada dinding. Namun terkadang tikus pun dapat melewati celah yang anda buat, solusinya dengan menggunakan kandang yang kokoh tercipta dari bahan alumunium. Walaupun sebetulnya tikus melulu mau memungut pakan kenari namun anda tidak boleh lengah, karena dapat saja tikus memangsa kenari kita.

Usia Kenari Yang Ideal Bagi Diternak

Bagi kamu yang hendak terjun dalam ternak kenari, perlu kamu ketahui bahwa umur ideal kenari guna dibudidayakana ialah 6 bulan guna kenari betina dan umur 8 bulan untuk kenari jantan. Namun guna kenari yang bertubuh besar laksana Kenari Yorkshire, umur minimal ialah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa mengarah ke birahinya. Pada umur sedang, tidak terlampau tu atau muda, seringkali betina siap bertelur dan jantan siap membuahi.

Ciri-ciri Kenari Siap Diternak

Dalam rentang 6 bulan guna betina dan 8 bulan guna pejantan, anda ju mesti menyaksikan secara kasat mata bagaimana ciri-ciri dari kenari tersebut, apakah siap guna dibudidayakan atau tidak, secara umum sebagai berikut ciri-ciri kenari yang siap dibudidayakan:

1. Pertama, bilamana burung kenari jantan didekatkan ke kenari betina, maka si jantan bakal mengejar-ngejar si kenari betina dan seringkali akan menabrak kandang ternak burung kenari dengan suara yang keras.
Untuk kenari betina, seringkali menggeleparkan sayapnya, maka pertanda si betina mau guna dikawinkan
Pada senja hari bakal terlihat kedua kenari jantan dan betina saling melolohkan makanan ( posisi
2. kedua kandang berdampingan )
Apabila si burung kenari betina telah mulai membina sarang, maka dapat dipastikan si betina siap ternak.
Nah, bila kita sudah menyaksikan ciri-ciri laksana di atas, maka burung kenari tersebut telah siap guna kita budidayakan lebih lanjut. Bagaimana? Sudah lumayan jelas bukan untuk teknik ternak kenari? Mari anda persiapkan kandang dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Proses Menjodohkan Burung Kenari

Cara ternak kenari yang tidak kalah penting ialah proses perkawinan. Setelah kita memahami ciri-ciri kenari yang siap kawin, sekarang saatnya kita guna menjodohkan mereka. Proses menjodohkan kenari yakni kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar itu harus diletakkan pada posisi yang berdekatan. Salah satu kekeliruan ternak kenari yang tidak jarang terjadi yaitu semua peternak pemula buru – buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah.

Biasanya sebab kurang memahami dan terlampau buru-buru dalam mengawinkan kenari, tidak sedikit breeder yang gagal guna mengawinkan burung ini. Karena kenari dan betina belum pasti sesuai satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka saya dan anda bisa mengetahui kesiapan kenari guna dikawinkan.
Jika kedua kenari tidak sesuai kita masukkan dalam satu sangkar, maka kedua kenari itu akan ‘cekcok’. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari dilangsungkan lama dan di antara kenari kalah, maka anda akan kendala dalam menjodohkan kedua kenari tersbut kedepannya. Apalagi andai kenari yang kalah ialah kenari jantan, maka si jantan bakal trauma dan tidak berani menghampiri pada betina. Bisa dibilang bila terjadi hal laksana itu, maka penjodohan kenari anda gagal 70% guna kedepannya.

Kicau mania seringkali yang membulatkan kedua kenari pada senja hari supaya hasil lebih optimal. Maksud untuk membulatkan kenari pada senja hari ialah supaya pada malam hari kedua kenari tersebut telah tenang dan rukun, sampai-sampai pagi hari telah berjodoh. Karena sesudah kenari tersebut berjodoh maka akan mengurangi resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pengawasan secara rutin tetap butuh dilakukan, sebab kenari bisa bertarung kapan saja tergantung kecocokan.

Tidak terdapat aturan baku guna beternak kenari. Kita boleh membulatkan kedua kenari kapan saja asal sudah mengisi persyaratan diatas. Namun banyak berpengalaman ternak kenari yang membulatkan kedua kenari pada senja hari supaya hasil lebih optimal. Maksud untuk membulatkan kenari pada senja hari ialah supaya pada malam hari kedua kenari tersebut telah tenang dan rukun, sampai-sampai pagi hari telah berjodoh. Karena sesudah kenari tersebut berjodoh maka akan mengurangi resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pengawasan secara rutin tetap butuh dilakukan, sebab kenari bisa bertarung kapan saja tergantung kecocokan.

Setelah kedua kenari itu terlihat rukun, anda harus menyimak isi sarang si betina. Ambil dan gantilah sarang yang kotor dengan yang bersih. Dan beberapa isi sarang anda simpan di dasar sangkar, karena seringkali isi sarang yang terdapat di dasar sangkar bakal dipindah pulang ke dalam sarang. Untuk membereskan sarang supaya terlihat elok, seringkali kenari betina suka mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Jika di dalam sarang telah ada bulu-bulu halus, maka pertanda tidak lama lagi induk betina bakal bertelor. Bagi mempercepat proses bertelor dan meminimalisir resiko luka sebab bulu halus dicabuti, kita dapat memasukkan kapas halus ke dalam sangkar secukupnya sebagai pengganti bulu halus tersebut.

Cara Meningkatkan Birahi Kenari

Supaya kenari anda lebih gress, maka butuh mendapatkan perlakuan khusus, seperti :

Perbanyak makanan bergizi, laksana telor puyuh, vitamin dan lainnya

  • Jemur kenari pada pagi hari untuk mengawal kesehatan dan menangkal stres
  • Selama dijemur dekatkan kedua kandang kenari jantan dan betina, agar birahi kenari betina segera naik
  • Apabila kita mempunyai lebih dari satu pejantan dapat mencoba mendekatkan ke kenari betina untuk menyaksikan bagaimana kecocokannya
  • Kita jemur burung kenari kita masing-masing pagi hari, sebab matahari pagi paling baik guna kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung. Pada ketika menjemur, anda usahakan anda dekatkan terus dua kenari yang sedang dijodohkan. Jika kita memiliki kenari jantan yang lain, sekali sekali boleh anda jemur bareng dengan jantan lainnya, tujuannya supaya birahi kenari betina bisa meningkat.
  • Proses Pengeraman Telur Kenari
  • Untuk hingga menetas, kenari memerlukan waktu selama 12-14 hari bergantung pada suasana cuaca. Bagi mengoptimalkan proses penetasan kamu bisa menyerahkan kehangatan produksi melalui teknik memberikan lampu bohlam 5 watt. Bagi proses penetasannya pada lazimnya akan dilaksanakan secara bergantian satu telur masing-masing harinya. Kami sangat menyarankan Anda untuk mengasingkan indukan kenari jantan agar tak mengganggu proses pemberian pakan oleh indukan betina. Namun demikian, bilamana indukan kenari jantan tidak mengganggu maka bisa tetap anda ditempatkan di kandang


Perlu sama-sama anda ketahui, tidak terdapat aturan baku mengenai teknik ternak kenari, seluruh tergantung dari empiris dan tril error di lapangan, semakin tidak sedikit pengalaman anda maka bisa jadi untuk berhasil akan semakin besar.

Bagaimana, kamu tertarik guna ikut membudidayakan burung kenari? Demikianlah tips teknik ternak kenari yang bisa kamu lakukan, semoga berfungsi untuk kamu semua. Salam kicau. Tunggu tulisan lainnya.






sumber : sentrabudidaya.com

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel