Burung Kakak Tua dan Fakta Menariknya

Burung Kakak Tua dan Fakta Menariknya

DUNIA BURUNG-Di kesempatan ini mkita akan membahas fakta menarik tentang Burung Kakak Tua ya gan, yuk simak Fakta Menariknya.

1. Mempunyai Umur Panjang

Diberi usia panjang memang adalahsalah satu anugerah. Ternyata tidak melulu manusia saja yang dapat hidup sampai puluhan tahun, tapi pun jenis-jenis burung kakak tua ini. Seperti yang telah anda baca pada keterangan di atas, rata-rata unggas yang tergolong keluarga Cacatuidae ini memiliki umur yang panjang, bahkan terdapat yang hingga lebih dari 50 tahun, lho.

Kalau anda masih ingat, pada tahun 2014 terdapat berita heboh tentang seekor burung kakak tua di Tasmania yang berulang tahun ke-100. Namanya ialah Fred dan ia tergolong ke dalam jenis kakak tua jambul kuning. Bahkan, Sang Ratu Inggris juga turut menyerahkan ucapan selamat kepadanya, canggih ya?

Berdasarkan keterangan dari penelitian, burung memang memiliki harapan hidup yang lebih panjang sebab mereka dapat terbang sampai-sampai dapat mengelak dari predator lebih cepat bila dikomparasikan yang tidak dapat terbang. Mungkin tersebut juga menjadi salah satu hal mengapa kakak tua dapat berumur panjang. Kesehatan jasmani dan mentalnya juga juga dapat menjadi hal penentu yang lain.

Kamu pasti pernah jalan-jalan ke kebun binatang, dong? Nah, bila kamu pernah menjumpai burung kakak tua di sana, dapat jadi ia memiliki usia yang jauh lebih tua darimu.

2. Hewan yang Monogami

Menurutmu ada fauna apa saja yang dapat dijadikan sebagai simbol cinta? Ada merpati yang biasa anda jumpai di kertas undangan, terdapat pula dekorasi angsa yang tidak jarang dijadikan aksesoris pada kue pernikahan.

Di samping kedua jenis fauna tersebut, barangkali kakak tua pun dapat menjadi di antara simbol tersebut. Pasalnya, satwa terbang yang satu ini tergolong ke dalam fauna monogami yang melulu mempunyai satu pasangan saja.

Itu pun yang menjadi salah satu dalil mengapa jenis-jenis burung kakak tua dilidungi dan tidak boleh diciduk secara ilegal. Sebagai contoh, bilamana kamu memungut kakak tua jambul kuning dari pasangannya, maka ia akan sulit berkembang biak karena urusan tersebut tidak dapat dilakukan dengan yang bukan pasangannya. Kalau telah begitu, bisa jadi rantai generasi mereka bakal terputus, lagipula mereka melulu mampu memproduksi satu hingga tiga telur saja.

Dari informasi singkat ini, terdapat satu pelajaran unik yang dapat kamu ambil, nih. Pelajaran tersebut ialah untuk tidak jarang kali setia. Hewan yang tidak dibekali dengan akal budi saja bisa, kamu tidak boleh sampai kalah sama mereka, ya?

Di samping itu, dapat juga memakai gambar fauna yang satu ini guna undangan pernikahanmu. Biar menarik dan tampil beda.

3. Termasuk Hewan yang Pintar dan Pandai Bersosialisasi

Ada banyak dalil mengapa semua pecinta burung hendak menjadikan fauna ini sebagai fauna peliharaan, salah satunya ialah karena kepandaiannya. Hampir sama laksana beo, unggas yang satu ini juga pandai guna meniru sejumlah kata yang biasa ia dengar. Ia bahkan dapat membuka pintu kandangnya dan menjelajahi lokasi tinggal pemiliknya andai sudah dilatih.

Meskipun terdapat yang tergolong tipe introvert, tapi banyak sekali jenis-jenis burung kakak tua suka bersosialisasi. Burung kakak tua yang sudah mengenal manusia seringkali cenderung memiliki sifat yang posesif terhadap pemiliknya dan selalu hendak mendapatkan perhatian. Kalau tidak, dia dapat merasa stres dan bakal menyakiti dirinya sendiri dengan mencabuti bulu-bulunya.

Maka dari itu, untuk anda yang tertarik untuk merawat jenis burung yang satu ini barangkali harus pikir-pikir lagi. Karena selain memerlukan perawatan yang tidak mudah, tidak sedikit dari jenis-jenis burung kakak tua ini termasuk fauna yang dilindungi. Kamu dapat saja dikenakan sanksi pidana bilamana ketahuan merawat satwa yang dilindungi.

Tak Semua yang Indah Bisa Dimiliki

Cantik dan estetis bukan jenis-jenis burung kakak tua di atas? Meskipun begitu anda perlu pikir baik-baik bila hendak memeliharanya. Pasalnya populasi burung-burung itu terus menurun sebab perdagangan ilegal.

Bukankan lebih baik membiarkannya hidup bebas di habitat alaminya? Senyaman-nyamannya sangkar yang diciptakan manusia, tidak terdapat yang akan dapat menandingi kenyamanan yang mereka dapatkan di lokasi aslinya. Harga kemerdekaan burung kakak tua jauh lebih banyak dari berapapun harga yang dapat kamu bayar guna membelinya.


Kalau mereka nanti punah, generasi masa mendatang tak akan dapat menyaksikan aneka kakak tua yang menawan itu. Sayang sekali, bukan?




sumber : kepogaul.com


DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel