Tentang Burung Cendet

Tentang Burung Cendet

DUNIA BURUNG-Burung Cendet ialah burung yang berasal dari family Turdidae dimana ini ialah salah satu bulung peliharaan yang menjadi kesayangan para kicau mania. Burung Cendet pun mempunyai nama beda Pentet, tidak jarang disebut sebagai burung sawah yang agresif dan cerdas.

Burung ini memang paling cerdas, dibalik suara aslinya yang tidak cukup bagus, ia memiliki keunggulan yang dapat menirukan sekian banyak  macam suara burung dibuka dari yang susah sampai mudah. Bahkan dalam sejumlah kasus Burung Cendet dapat menirukan suara kucing yang meong-meong.

Ini ialah salah stau jenis burung yang sangat gampang untuk dipelihara. Di samping mempunyai daya tahan tubuh yang baik, ia dapat diberi pakan voer yang terdapat dipasaran, tetapi selalu simaklah kadar protein yang terdapat di voer itu yaa.

Dalam alam bebas, Burung Cendet biasa memakan serangga laksana jangkrik, ulat, cacing, belalang, dan makluk kecil lainnya. Ini ialah burung predator dimana mempunyai paruh yang runcing sehingga mempermudah untuk merobek makanannya.

Salah satu karakteristik yang terdapat pada burung sawah yang cerdas ini ialah mempunyai ekor yang panjang serta bulu yang hitam pada unsur kepala. Dan yang lebih menariknya lagi, Burung Cendet akan mengerjakan gerakan meliuk-liuk atau berdiri tegak saat berkicau.

Seperti yang telah kami bilang, sifat pribumi Burung Cendet ialah agresif, bahkan saat ia mematuk sesuatu bakal disertai dengan gigitan dengan paruh tajamnya. Sebenarnya ini paling bagus guna sekelas burung kicauan. Namun sayangnya sejumlah burung cendet bakal hilang sifat agresifnya andai dipelihara semenjak keil.

Karakter Burung Cendet

Pada ketika lapar, burung sawah yang cerdas ini akan mempunyai sifat agresif dari biasanya.
Ini ialah burung petarung yang memiliki teritorial. Hal ini dapat kita lihat dari sifatnya saat melihat burung yang sama atau mendengar suara burung lain, Burung Cendet bakal langsung mengerjakan penyerangan.

Burung cendet sangat gampang untuk birahi. Ada tidak sedikit seklai penyebabnya dapat dari pemberian EF yang berlebihan, penjemuran, dan masih tidak sedikit lagi lainnya.

Meskipun ini ialah burung yang paling agresif, tetapi Burung Cendet mempunyai tingkat adaptasi yang paling tinggi. Burung ini gampang sekali guna dijinakan, walau pemeliharaan telah berumur sekalipun.

Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina

Jika juragan hendak mempunyai Burung Cendet yang mempunyai kicauan bagus, pasti saja pentet jatan bakal lebih direkomendasikan. Namun dalam sejumlah kasus, cendet betina pun ada yang mempunyai suara kicauan menabjubkan.

Meskipun demikian, seringkali cendet jantan bakal jauh lebih unggul dalam urusan penampilan, keagresifan, dan latangnya suara. Berikut ciri-ciri cendet jantan dan betina.

Ciri-ciri cendet Jantan

  • Lihatlah paruh pada unsur ujungnya, cendet jantan bakal mempunyai paruh yang leih tebal.
  • Burung cendet jantan bakal mempunyai bulu hitam pada unsur kepala hingga tengkuk.
  • Memiliki bulu hitam yang pekat pada unsur pipi.
  • Memiliki tingkah yang lebih agresif dan gesit.
  • Memiliki format kelapa yang ceper dan datar.
  • Memiliki supit yang panjang dan kecil dimana bulunya tidak beraturan.
  • Jika masih anak, burung cendet bakal mempunyai ekor yang hitam.


Ciri-ciri Cendet Betina

  • Burung Cendet betina mempunyai paruh pada unsur ujung yang tidak banyak lebih tipis.
  • Bulu hitam pada unsur kepala hingga tengkuk bakal terlihat memudar.
  • Warna hitamnya jauh lebih memudar.
  • Memiliki format kepala yang bundar atau menggelembung.
  • Pada unsur anus terdapat belahannya dan lebar.
  • Memiliki supit yang melebar dan bulunya tampak teratur serupa dengan bunga.
  • Pada ketika masih anak, Burung Cendet betina bakal mempunyai ekor hitam yang lebih pudar.

Beberapa masalah yang tidak jarang terjadi pada Burung Cendet
Ketika juragan hendak memelihara burung cendet, juragan mesti tahu bahwa burung ini memiliki sejumlah kelemahan yang bakal membuatnya tidak begitu estetis lagi. Juragan mesti tahu ini supaya suatu ketika ini bisa mencegah urusan itu untuk terjadi. Berikut sejumlah permasalahan yang terdapat pada burung cendet.


Miyik

Meskipun mempunyai sifat pribumi yang agresif, burung cendet mempunyai masalah miyik dimana ia terlampau manja saat bertemu pemiliknya.

Bagong

Burung cendet yang melulu diam saat bertemu orang dan tidak banyak menunduk.

Macet

Ini ialah burung cendet yang tidak inginkan berbunyi, dapat disebabkan oleh stres atau mabung.
pada ketika mabung, sejumlah masteran bakal hilang

Setelah berlalu mabung, seringkali Burung Cendet bakal kembali berbunyi, tetapi ada sejumlah suara mastera yang hilang. Bagi mengantisipasinya, juragan dapat melakukan pemasteran ulang pada saat situasi mabung.

Over birahi

Hal ini dapat disebabkan oleh pemberian esktra fooding yang berlebihan atau penjemuran yang salah.

Makanan guna Burung Cendet

Agar Burung Cendet gacor dan mempunyai kualitas suara yang bagus, ada sejumlah makanan yang mesti juragan berikan laksana :


Voer

Juragan dapat memberikan cendet voer sebagai makanan harian. Voer yang bagus guna burung cendet ialah voer dengan kandungan protein sedang yakni 12-1%. Merek apa saja dapat asalkan keperluan protein terpenuhi.

Ekstra fooding (EF)

Juragan juga dapat memberikannya makanan ekstra berupa jangkrik, kroto, ulat, cacing, atau serangga lainnya. Lakukan pemantauan yang intensif pada ketika pemberian tambahan fooding sebab ada sejumlah masalah yang timbul andai porsi tidak sesuai.

sekilas mengenai burung cendet atau pentet yang kami hadirkan guna juragan semua.







sumber : mrcaraburung.blogspot.com





DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel