Pesona Keindahan Burung Merak

Pesona Keindahan Burung Merak

DUNIA BURUNG-Semua orang niscaya mengakui bahwa burung merak yaitu di antara jenis burung tercantik di dunia. Bagaimana tidak cantik, burung bertubuh biru ini memiliki ekor warna-warni yang paling mempesona. Ekornya yang estetis sanggup tumbuh hingga 5 kaki atau selama 1,5 meter. Burung Merak juga disinggung sebagai di antara burung terbang terbesar di dunia. Burung ini tersebar di semua dunia, khususnya di Indonesia, India dan Kongo.

Merak hijau (green peafowl) yang dalam bahasa ilmiah dinamakan Pavu muticus ini juga nggak kalah cantiknya dengan merak india atau merak biru (Pavo cristatus) yang ada di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan, dan merak kongo (Afropavo congensis) yang adalahburung endemik di Republik Demokratik Kongo.

Bagaimana ciri-cirinya? Terdapat di Tiongkok, Vietnam, dan Indonesia, sekilas hewan ini berbentuk serupa ayam. Mengutip Greeners.co (30/5/2017), pada merak jantan ada mantel, leher, dada dan punggung berwarna hijau keemasan bermotif sisik. Adapun epilog ekornya paling panjang dan ketika dimulai akan menyusun kipas raksasa yang memiliki bulu mengkilap dengan bintik berbentuk mata yang khas. Di atas kepalanya ada jambul tegak. Dari segi ukuran, merak jantan memiliki ukuran 180-250 cm. Meskipun ukurannya paling besar, namun merak hijau tergolong burung yang pandi terbang lo.

Sedangkan pada merak betina ciri-cirinya tidak cukup mencolok, serupa warnanya yang tidak cukup mengilap berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu epilog ekor. Mukanya memiliki aksen warna hitam di dekat mata dan warna kuning terang di selama kupingnya.Ukurannya juga lebih kecil dari merak jantan, yakni sekitar 100-110 cm.

Ketika animo berbiak mendarat di bulan Agustus-Oktober, maka burung jantang akan unik perhatian burung betina dan mengenyahkan jantan lainnya dengan memamerkan bulu epilog ekornya. Bulu epilog ekornya tersebut akan dimulai sampai ibarat kipas dengan bintik berupa format mata. Tipe perkembangannya sendiri yakni harem, seringkali 1 ekor jantan hingga 5 ekor betina.

Penelitian Tentang Burung Merak Jantan Menarik Merak Betina

Peneliti di Amerika Serikat menggunakan kamera pendeteksi mata untuk memahami apa yang burung merak betina temukan unik dari ekor kipas merak jantan. Merak jantan menumbuhkan bulu warna-warni di ekornya dikala animo kawin dan mengibaskannya untuk unik perhatian pasangan.

Tim peneliti menggunakan sebuah perangkat pelacak mata pada merak jantan untuk memahami apa yang mereka lihat. Laporan mereka diterbitkan di Journal of Experimental Biology. Riset ini mengejar bagaimana sulitnya guna tetap unik perhatian merak betina. Ini menjelaskan kenapa kipas besar yang penuh hiasan itu berevolusi di badan merak jantan.

Di samping itu, penelitian ini pun pertanda apa yang merak betina anggap unik dari kipas besar tersebut. Mereka ternyata sangat tertarik dengan titik hitam yang secara umum dikuasai di bulu-bulu tersebut. Ekor kipas merak jantan barangkali adalahpola sangat populer dari seleksi seksual -sebuah gejala yang ditemukan oleh Charles Darwin- di mana ekor hewan berevolusi untuk unik perhatian lawan jenis.

"Hanya tidak banyak spesies yang memiliki ekor yang berwarna-warni dan tidak mempunyai faedah bertahan hidup," terperinci Jessica Yorzinski, yang menjalankan penelitian ini. "[Ekor yang panjang ini] membuat sangat sulit untuk mereka guna lolos dari predator." Jika betina tidak waspada dan konsentrasi sepenuhnya pada penampilan merak jantan, mereka mungkin selesai sebagai santap malam harimau.Jessica Yorzinski

Eksperimen ini pertanda bahwa betina secara terus menerus mengubah perhatian mereka antara lingkungan dan kipas merak jantan. "Hal ini barangkali bermanfaat untuk mereka guna membagi perhatian mereka salah satu calon pasangan dan lingkungan," terperinci Yorzinski.

"Jika betina tidak waspada dan konsentrasi sepenuhnya pada penampilan merak jantan, mereka mungkin selesai sebagai santap malam harimau." Penelitian menuliskan bahwa ekor merak sudah berkembang untuk merintangi semua hal beda yang menyita perhatian betina.

Riset ini dilaksanakan terhadap 12 merak betina yang dipakaikan pelacak mata. Alat ini terdiri dari dua kamera kecil, satu menulis adegan di depan burung dan satu lagi merekam gerakan mata. (bbc.com)


Sahabat DUNI BURUNG, indah bukan sekilas tentang Burung Merak ini, semoga bermanfaat.




sumber : lawunhalu.blogspot.com

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel