Mengenal Lebih Dalam Burung Jalak Suren

Mengenal Lebih Dalam Burung Jalak Suren

DUNIA BURUNG-Sebagai burung yang dapat disebut sebagai burung ocehan yang sangat bandel dan bawel mungkin jalak suren ialah yang layak menyandang predikat tersebut. di samping disebut sebagai burung yang sangat berisik terlebih andai mendengar suara beda yang ramai atau bentrok burung jalak suren pun ternyata dapat menjadi penjaga rumah untuk pemiliknya , burung ini ( pastinya yang telah jinak dan telah jadi ) bakal bersuara lebih berisik andai melihat terdapat orang yang lewat didepannya / menghampirinya. selain tersebut jalak suren juga dapat dibilang paling gampang ditangkarkan, bahkan guna harga pasaran anakannya saja boleh dibilang masih mempunyai harga yang tinggi guna burung jenis ini dan pasti saja urusan ini dapat disebut sebagai usaha penangkaran yang memiliki prospek yang cukup kedepannya.

Jalak Suren yang anda kenal banyak sekali berasal dari wilayah lokal, dan sering dikenal dengan sebutan jalak suren lokal / jawa meskipun burung itu asalnya dari wilayah lain. Di samping jalak suren lokal di pasaran pun beredar burung jalak suren lainnya yang nyaris serupa dengan jalak suren lokal yakni Jalak suren Malaysia. perbedaan diantara kedua burung jalak ini dapat dilihat dan dipisahkan dari :

Jalak suren Lokal 

Warna bulu pada unsur kepala / rambut berwarna hitam kelimis dan mengkilat.
Paruh yang berwarna putih gading mulai dari pangkal sampai ujungnya.

Jalak Suren Malaysia 

Warna bulu pada unsur kepala / rambutnya beberapa berwarna Putih sehingga serupa uban.
Pangkal paruh yang berwarna orange / merah.
Keserupaan diantara dua-duanya kerap dijadikan sebagai bahan penipuan oleh saudagar burung yang tidak jujur. disebabkan harga pasaran burung Jalak Suren Malaysia yang paling jauh bertolak belakang dengan pasaran jalak suren lokal pasti hal ini menciptakan pedagang burung berjuang mencari untung dengan menyemir warna pada unsur putih dari unsur kepala burung jalak suren malaysia menjadi hitam laksana halnya burung jalak suren lokal. bakal tetapi andai kita lebih jeli pasti akan dapat melihat perbedaan dan ciri ciri khusus laksana yang telah dilafalkan diatas yakni burung jalak suren malaysia yang pada pangkal paruhnya berwarna orange/merah, satu urusan ini yang tidak bisa ditutup-tutupi oleh saudagar burung.

Selain tersebut burung jalak suren malaysia lebih dominan mempunyai sifat dan berkarakter giras , tidak akan dapat jinak kecuali jinak lalat. urusan ini disebabkan burung jalak suren malaysia yang banyak sekali di pasaran ialah hasil tangkapan hutan/ muda hutan dibanding burung jalak suren lokal yang kebanyakan ialah hasil tangkaran.

Jika anda tertarik menangkarkan burung ini, maka urusan kesatu kali yang mesti anda tahu ialah perbedaan jenis kelamin dari burung ini. ini penting menilik sebagai modal kesatu yang mesti anda miliki ialah burung jalak suren yang telah mapan dan berjenis kelamin jantan dan betina ( sepasang ) untuk memisahkan jenis kelamin burung ini paling sulit akan namun masih dapat dilihat dengan ciri ciri umum yang sering dipakai sebagai petunjuk oleh kicau mania di indonesia ialah :

1. Jalak Suren Jantan


  • Kepala lebih banyak dan bulat
  • Paruh lebih besar, kokoh dan kuat
  • Bentuk tubuhnya lonjong dan panjang
  • Bulu kepala, punggung, dan leher berwarna hitam legam dan mengkilat
  • Bagian bulu yang berwarna putih lebih bersih
  • Ekor tidak banyak lebih panjang dan menyatu
  • Warna merah pada muka lebih terang daripada jalak suren betina
  • Jari kaki lebih panjang dan kokoh
  • Pada unsur anus/dubur ada warna biru tua. Warna biru tua yang ada pada anus jalak suren jantan mulai terlihat pada kisaran usia 1 tahun, jelas atau tidaknya warna dubur itu tergantung pada umur burung, diamana burung yang masih muda warnanya agak tidak cukup jelas, dan kian tua umur burung itu warnanya bakal semakin jelas

2. Jalak Suren Betina


  • Bentuk kepala agak ramping
  • Paruh lebih kecil dan pendek
  • Bentuk badan bulat dan pendek
  • Warna merah pada muka lebih pucat dari jalak suren jantan
  • Bulu kepala, punggung dan leher berwarna agak kusam
  • Ekor lebih pendek daripada jalak suren jantan
  • Jari kaki lebih pendek

Melihat Gerakan dan Tingkah laku

Jalak Suren Jantan

Lebih agresif, dan bila berdekatan, seolah-olah hendak menyerang. Bila berkicau bersama, bulu kepala atau jambul mengembang lebih banyak dan tinggi. Kepala tegak, membusungkan dadanya seolah-olah menantang dan kelihatan pemberani

Jalak Suren Betina
Gerakan dan tingkah laku lebih lembut, Bulu kepalanya bila mengembang lebih pendak dan kelihatan agak ramping, gerakan saat berkicau bareng sambil menari lebih halus

Mendengar Suaranya

Jalak Suren Jantan

Suara lebih keras dan lebih tidak sedikit variasi
Bila berkicau seringkali memulai lebih dulu dan saat bersama-sama berkicau seakan burung jantan memimpin kicauan, serta tidak sedikit mengeluarkan suara kreeek mantap dan besar.

Jalak Suren Betina

Suara kicauan lebih lembut , variasi kicauannya terbatas
Bila berkicau bareng (kreasi) jalak suren betina selalu mengekor irama kicauan jalak suren jantan, serta tidak sedikit mengeluarkan suara suiiittt walaupun tidak begitu keras dan besar.








sumber : pspetani.blogspot.com








DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel