Fakta Tentang Burung Hantu

Fakta Tentang Burung Hantu

DUNIA BURUNG-Burung Hantu adalahanggota dari salah satu ruang belajar aves (unggas) dengan ordo Strigiformes. Unggas ini merupakan fauna nokturnal dimana semua fauna nokturnal tidak jarang kali aktif di malam hari. Terdapat 222 spesies yang tersebar diseluruh dunia dan pulau-pulau terasing lainnya.Di dunia barat, fauna ini dirasakan simbol kebijaksanaan, namun di sejumlah tempat di Indonesia dirasakan pembawa pratanda maut, maka namanya Burung Hantu. Walau begitu tidak di seluruh tempat di Nusantara burung ini dinamakan sebagai burung hantu. Di Jawa misalnya, nama burung ini ialah darès atau manuk darès yang tidak terdapat konotasinya dengan maut atau hantu. Di Sulawesi Utara, burung hantu dikenal dengan nama Manguni.

Burung hantu dikenal sebab matanya besar dan menghadap ke depan, tak laksana umumnya jenis burung beda yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok tajam laksana paruh elang dan rangkaian bulu di kepala yang membentuklingkaran wajah, tampilan "wajah" burung hantu ini demikian mengesankan dan kadang-kadang menyeramkan. Apalagi leher burung ini demikian elastis sehingga wajahnya bisa berputar 180 derajat ke belakang.

Umumnya burung hantu berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih. Dipadukan dengan perilakunya yang sering mematung dan tidak tidak sedikit bergerak, menjadikan burung ini tidak gampang kelihatan; begitu pun saat tidur di siang hari di bawah lindungan daun-daun.
Ekor burung hantu lazimnya pendek, tetapi sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya menjangkau sekitar tiga kali panjang tubuhnya.
Ternyata terdapat kenyataan menarik dari burung hantu, berikut ialah faktanya:

1. Burung Hantu mustahil memutar bola matanya

Karena urusan tersebut, burung hantu dikaruniakan kemampuan guna memutar kepalanya nyaris 180 derajat. Sehingga ia bisa memaksimalkan keterampilan penglihatannya.

2. Penglihatan 100x keterampilan manusia

Bukan urusan yang baru lagi andai makhluk menawan ini dapat melihat hingga 100x keterampilan manusia, menilik mereka ialah makhluk nokturnal.

3. Sayap Kapas

Dengan keterampilan penglihatannya yang begitu tajam, diperbanyak lagi dengan bulu sayap mereka yang halus dan enteng seperti kapas, fauna ini dapat dinobatkan sebagai silent flighter. Karena mereka bisa terbang dengan maksimal tanpa mengeluarkan tidak sedikit suara. Hal ini menjadi ilham pembuatan pesawat mata-mata laksana Sukhoi F produksi Russia dan F22 kepunyaan AS.

4. Tidak mempunyai gigi

Sebagian besar unggas memang tak mempunyai gigi guna proses memakan, urusan ini berlaku pun untuk burung ini. Setelah mengoyak-ngoyak hasil buruannya, ia langsung menelan bulat buruan tersebut.

5. Bola bulu

Beberapa jenis burung hantu, laksana Tyto mempunyai kelaziman khusus yakni memuntahkan makanan yang tak dapat dicerna (tulang, bulu) sebagai tanda bahwa burung tersebut telah tumbuh dewasa.

6. Burung Hantu Bisa Menciptakan Berbagai Vokalisasi/Suara.

Burung hantu menciptakan sekian banyak  suara atau vokalisasi. Biasanya ditafsirkan untuk sebuah pernyataan teritorial atau wilayah kekuasaan, meskipun tidak seluruh spesies dapat bersuara.Suara burung hantu dapat membuat suara dengan jenis pekikan, desis, dan jeritan

7. Rabun dekat

Ternyata burung hantu rabun dekat. Mereka merasakan eksistensi mangsa dapat dirasakan oleh burung hantu dengan pemakaian filoplumes, bulurambut kecil pada paruh dan kakinya beraksi sebagai sensor "antena". Visi jauh mereka,terutama dalam cahaya rendah atau malan hari, paling baik.

Nah, kini sudah tau lebih dekat dengan burung hantu kan guys ?
maka dari itu, sebab begitu menajubkannya fauna ini ayo kita sama-sama lestarikan keanekaragaman hayati ini,





sumber : twesains.blogspot.com

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel