Fakta Tentang Burung Cendet

Fakta Tentang Burung Cendet

DUNIA BURUNG-Burung cendet atau pentet adalahburung yang paling cerdas. Meski warnanya tidak semewah Murai Batu atau Anis Merah, namun tak dapat dipungkiri andai kualitas kicauannya dapat menghipnotis siapa saja yang mendengar.

Belum lagi diperbanyak dengan kemampuannya dalam menirukan suara burung beda ataupun hewan lain laksana walang kecek dan jangkrik. Singkatnya, burung cendet atau pentet paling istimewa.

Sayangnya, guna mendapatkan cendet yang gacor owor-owor dari pagi sampe sore, anda harus dapat mendapatkan cendet jantan. Meski ini tidak mutlak, namun sangat dipercayai bahwa melulu cendet jantan yang dapat menghibur sang pemilik. Bahkan, dalam latber ataupun lomba, belum pernah tersiar ada peserta yang membawa cendet betina guna di adu.

Oleh karena itu, terdapat baiknya anda mengenali ciri-ciri cendet jantan terlebih dahulu sebelum kita melakukan pembelian atau memeliharanya. Dan dibawah ini ialah ciri singkat dari cendet jantan atau pentet jantan.

Bagian pipi dari cendet jantan mempunyai warna hitam yang paling pekat. Jika hitamnya agak pudar, seringkali cendet itu berkelamin betina.
Bentuk kepala cendet jantan seringkali ceper mendatar, sedangkan cendet betina lebih menggelembung atau agak oval.
Supit yang dipunyai cendet jantan berbentuk kecil panjang dan disertai motif garis yang tidak beraturan. Sementara cendet betina mempunyai supit yang agak besar dengan disertai motif garis yang teratur laksana kembang.
untuk memisahkan Cendet jantan dan betina tersebut saya rasa lumayan mudah, yakni dengan teknik perhatikan pipi pada burung cendet, guna burung cendet jantan bisanya ciri Cendet jantan ialah mempunyai warna Hitam pekat di pipinya sementara untuk ciri cendet betina nya mempunyai warna hitam Pudar ( abu abu ), Di samping itu seringkali Ciri Cendet jantan yang lainya ialah pada format kepala, cir cendet jantan pada format kepalanya ialah cenderung cepak / Ceper Mendatar, sementara cendet betina seringkali meiliki ciri Bentuk kepalanya oval,dari segi warna borongan dari ekor hingga kepala, guna ciri Cendet jantan mempunyai warna yang ingin lebih kontras dan bagus di bandingkan dengan burung cendet betina, kini ke ciri ciri yang agak bukak bukaan yakni dengan teknik mengamati supit / anus dari burung cendet, Bagi ciri ciri burung cendet jantan biasanya format supitnya tersebut kecil memanjang, sementara untuk betinanya memiliki format yang lebih banyak dan tidak memanjang.

SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG CENDET / PENTET

Irama lagu yang dipunyai burung memegang peranan yang sangat urgen di dalam evaluasi lomba burung berkicau. Karena berpulang pada filosofi burung berkicau, pesona utama dari burung berkicau ialah kemampuan berkicaunya (irama lagu).

Memilih suara-suara master guna burung tumpuan kita janganlah terfokus melulu memilih suara-suara master yang kedengarannya menarik dan bagus.

Sangat tidak sedikit metode dan cara-cara yang dapat dilaksanakan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga tidak sedikit sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam kenyataannya dilapangan. Salah satu mitos mengherankan yang berkembang, yakni burung yang bakal di master mesti menyaksikan burung masternya, supaya burung yang di master bisa menirukan gaya bunyi dan teknik membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yakni proses pemasteran burung berkicau mesti menantikan burung dalam suasana ganti bulu atau mabung.

Sebenarnya Pemasteran dapat saya dan anda lakukan tidak mesti menantikan burung berkicau dalam suasana mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam suasana normal, bahkan dalam suasana top form pun pun dapat dilaksanakan pemasteran. Ada Mitos yang menuliskan pemasteran burung mesti menantikan masa burung mabung.

Alasannya sebab Pada ketika mabung, burung berkicau ingin untuk tidak sedikit diam dan paling jarang sekali berkicau. Burung yang tidak sedikit diam pada masa mabung tersebut, ingin untuk lebih tidak sedikit menggunakan waktunya untuk memperhatikan dan mengubah suara-suara yang terdapat disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya cocok dengan tipikal karakter suaranya, maka bakal direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran burung berkicau) ialah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang sesuai dan cocok dengan karakter dasar lagu burung yang bakal di master (burung maskot).






sumber : jenisburungdunia.net

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel