Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya

DUNIA BURUNG-Murai Batu ialah salah satu dari sekian burung berkicau yang menjadi idola semua penggemar burung. Di arena lomba burung murai batu pun sering dilangsungkan lomba guna kelasnya. Keberadaan burung ini semakin lama kian tidak banyak di alam bebas. Namun tidak sedikit pula yang sudah membudidayakan burung ini sebab burung murai batu mempunyai nilai jual yang paling tinggi. Nah berikut sejumlah macam atau jenis burung murai batu yang tidak jarang dipelihara oleh peminat burung kicauan.


1. Murai Batu Medan

Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya

Dari namanya saja pasti kita tentu bias memahami dari mana asal burung Murai Batu jenis ini. Ya.. Medan ialah salah satu habitat jenis ini, meskipun kita pun sering menjumpai jenis ini diluar kota Medan. Diantara jenis burung muarai batu, jenis ini ialah yang sangat menawan. Karena di samping mempunyai suara yang bagus murai batu jenis ini mempunyai ekor yang panjang. Ekor ini saat berkicau bakal naik turun. Namun murai batu jenis ini tidak cukup begitu tidak sedikit diperlombakan sebab ekor yang terlampau panjang. Sehingga saat dilombakan tentu membutuhkan energy tambahan untuk menggerakkan ekor panjangnya. Di pasaran, murai batu jenis ini dibandrol di atas 1jt guna yang baru diciduk dari alam atau “gropyokan”. Sedangkan yang telah berkicau pasti harganya lebih mahal lagi.

2.Murai Batu Kalimantan

Murai Batu Kalimantan


Murai batu yang tidak jarang kita jumpai di pulau Kalimantan ini mempunyai ciri tubuh lebih banyak dan ekor pendek. Warna hitam pada bulu mulai kepala sampai dada unsur bawah. Murai batu jenis ini ialah kurang begitu tidak sedikit peminatnya. Meskipun dapat berkicau bagus tetapi murai batu jenis ini banyak sekali mempunyai mental tempur yang jelek. Sehingga guna diperlombakan tentunya tidak cukup bagus. Bagi harganya pun tentu lebih murah dari pada murai batu jenis lain.

3.Murai Batu Lampung

Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya

Murai Batu lampung memiliki ciri badan agak kecil dan bila berbunyi tidak laksana Kalimantan yang tidak jarang kali menggelembungkan bulu dadanya. Gaya bertarungnya juga bervariasi,ada yang laksana ular yang bakal mematuk dan terdapat pula yang yang laksana ayam jago bertarung dengan menaik turunkan kepalanya. Variasi kicauannyapun lebih tidak sedikit jika disbanding jenis lain. Ekor murai lampung lebih panjang dari pada Kalimantan dengan perpaduan ekor putih pendek dibawah ekor utama,sedangkan guna ekor murai lampung yang panjang tidak jarang dikenal dengan istilah lampung super. Para peminat murai batu lebih menyenangi jenis ini sebab jenis ini bertubuh ramping dan ekorya tidak terlampau panjang volume dan variasinya tidak sedikit sehingga jenis ini sangat kuat bila dijadikan burung petarung.Walaupun anda sendiri menyadari bila volume dan variasi lagu tergantung pada keturunan burung dan pengisian pelajaran suara burung tersebut.

4.Murai Batu Nias

Mengenal Burung Murai Batu dan Jenisnya

Murai batu jenis ini mempunyai ciri jasmani yang hampir sama dengan murai batu Lampung. Yang membedakan ialah burung muari batu nias tidak mempunyai bulu ekor yang berwarna putih. Yaitu seluruh bulu ekornya berwarna hitam. Jenis ini mempunyai suara yang sangat keras. Oleh sebab itu tidak sedikit yang menggali murai batu jenis ini khususnya yang betina guna disilangkan dengan murai batu jenis lain.



sumber : burung.blogspot.com





DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel