Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina


Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

DUNIA BURUNG-Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina. Tips jitu untuk memisahkan jenis kelamin antara Cucak Ijo jantan dan betina dapat disaksikan dengan cermat mengenai sejumlah ciri-ciri berikut:

1. Lingkar Mata

Membedakan Cucak Ijo yang telah menginjak usia dewasa memang jauh lebih gampang daripada yang masih anakan, dan salah satunya dengan menyaksikan dari lingkar mata nya.
Cucak Ijo yang sudah dewasa akan menunjukkan lingkar mata yang lumayan jelas perbedaannya. Sang jantan mempunyai bulatan di unsur lingkar mata dengan balutan warna kuning yang tampak tegas. Sedangkan Cucak Ijo betina nya unsur lingkar mata nya tampak berwarna agak putih.

2. Pupil Mata

Perbedaan Cucak Ijo jantan dan betina juga dapat dengan mudah diacuhkan melalui pupil mata nya. Pada unsur pupil mata si betina seringkali akan tampak warna hitam agak kecoklatan, sementara untuk jantan nya seringkali terlihat hitam paling jernih.
Anda dapat memperhatikan dengan seksama dan kalau dapat jangan tergesa-gesa saat menyimak pupil mata Cucak Ijo tersebut supaya bisa diketahui dengan jelas perbedaan kedua indukan tersebut.

3. Paruh Bawah

Bagian paruh dari Cucak Ijo juga dapat dijadikan sebagai pedoman untuk memisahkan kedua indukannya. Bagi yang jantan unsur paruh nya bakal terlihat coklat gelap warna nya, sementara si betina pada unsur paruh nya tampak dengan jelas warna putih bersih.
Perbedaan paruh kedua indukan Cucak Ijo itu memang lebih gampang di lihat dan lumayan mudah untuk seorang pemula sekalipun. Hal ini tergolong yang paling gampang untuk menilai indukan betina atau jantan nya.

4. Tulang Supit / Supit Urang

Bagian tulang supit yang dipunyai oleh Cucak Ijo juga dapat dijadikan sebagai pembeda dari keduanya. Cucak Ijo jantan unsur tulang supit nya bakal terasa kaku atau keras, sementara yang betina nya lebih elastis atau empuk bagian tulang supit nya.
Menentukan perbedaan kedua indukan dengan teknik ini memang agak sulit dilaksanakan oleh seorang pemula, dengan kata lain diperlukan pengalaman dan jam terbang yang lumayan tinggi untuk seseorang untuk dapat melakukan urusan ini.

5. Leher

Cara memisahkan Cucak Ijo jantan dan betina yang dapat dibilang sangat mudah dilaksanakan oleh seorang pemula sekalipun ialah dari unsur leher nya. Hal tersebut sebab setelah sang Cucak Ijo memasuki usia 4 sampai 6 bulanan, si betina pada unsur leher nya bakal nampak berwarna kuning namun lantas akan berubah jadi putih kehijauan warnanya.
Sedangkan pada Cucak Ijo yang berkelamin jantan seringkali ketika umur 4 sampai 6 bulanan memang berwarna kuning tetapi seiring berjalannya sang waktu, warna kuning itu lama kelamaan bakal berubah jadi hitam warna nya.

6. Sisik Kaki

Cucak Ijo yang jantan saat sudah mulai remaja atau setelah menerbitkan sisik di unsur kaki nya seringkali akan tampak bintik hitam dan yang betina nya malah tidak menerbitkan bintik – bintik hitam tersebut.

7. Tes DNA Akurat 

99{23d184318ccb9d40116805ca5d68f29163acd28c18eae2700deb559e195ff85f}} akurat pasti saja dengan mengerjakan proses tes DNA pada kedua indukan tersebut. Karena dengan proses tes DNA, nyaris 99% tidak bakal keliru menilai jenis kelamin kedua nya.

Ciri Khusus Cucak Ijo Baik Dewasa maupun Bakalan

Meskipun dalam sejumlah kasus perbedaan kedua jenis kelamin cucak ijo tidak dapat diterapkan andai masih bakalan, tetapi dengan menyimak ciri-ciri khusus sebagai berikut semoga dapat sedikit menolong Anda menilai opsi yang tepat nantinya.



Semoga menolong dan berfungsi ya semua kicau mania khususnya, salam one hoby one heart.



sumber : masterkicau.net








DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel