Burung Kenari Dan Jenisnya


DUNIA BURUNG-Burung Kenari atau Serinus canarai ialah jenis burung kicau yang kesatu kali ditemukan di kepulauan canary suatu daratan di bagian unsur timur laut afrika oleh Jean De Berthan Cout seorang pelaut perancis. Burung kenari mempunyai bulu yang estetis seperti warna kuning, hijau, putih, merah dan lainnya serta mempunyai suara yang merdu.

NAMA BINOMIAL

Serinus canaria
(Linnaeus, 1758)


Jenis-Jenis Kenari, Sebagai berikut:

1. Kenari Norwich

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Norwich ialah spesies kenari yang mempunyai ciri bulu yang agak tebal dan tubuh agak bulat, dadanya agak lebar serta punggungnya pendek dan mempunyai sayap yang pendek.burung kenari jenis ini paling tidak sedikit ditemui ialah warna kuning atau hijau.

2. Kenari Border

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Border ialah jenis burung kenari yang yang berasal dari Cumberland facy dan wilayah perbatasan atau border. Kenari kicau ini memiliki format tubuh bulat.


3. Kenari Yorkshire

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Yorkshire ialah jenis kenari hasil persilangan antara kenari belgia dan kenari lanchasire. Kenari ini mempunyai kaki yang panjang dan tegap ketika berdiri. Bila di ikut sertakan dalam kontes burung kenari ini seringkali di nilai dari sisi keindahannya.


4. Kenari Gloster

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Gloster ialah jenis kenari yang mempunyai ciri-ciri bulunya yang berwarna kuning dan sayap berwarna agak kehijau-hijauan serta ekor berwarna putih. Panjang tubuh/bentuk tubuhnya tidak lebih dari 11 cm. Ada dua jenis kenari gloster yakni kenari gloster corone atau yang mempunyai jambul dan kenari gloster consort atau yang tidak mempunyai jambul.


5. Kenari Roller

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Roller ialah jenis kenari keturunan dari kenari jerman. Ciri-ciri kenari ini andai di ikutkan dalam kontes maka dia akan di taruh dalam sangkar kayu yang tertutup oleh kain dan bilamana kain dimulai maka kenari itu harus bernyanyi. Kualitas suara kenari ini paling di pengaruhi oleh jenis pakan yang diberikan.

6. Kenari Belgian

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Belgian ialah jenis kenari yang sangat sulit guna di ternak. Jenis kenari ini andai diikutkan dalam kontes evaluasi akan dipungut dari format dan status kenari tersebut. Kenari ini mempunyai ciri kepala kecil laksana ular.

7. Kenari Frill

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Frill ialah jenis kenari yang memiliki sejumlah bulu yang menarik . Ada bulu yang terletak ditengah tengah punggung secara simetris atau biasa dinamakan mantle, bulu yang ada pada unsur dada dan berbentuk laksana kerutan memblokir disebut jabot sementara bulu yang disekitar paha dan sayap dinamakan fin.

8. Kenari Chest

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Chest ialah kenari yang ditemukan pada mula tahun 1950-an dan tergolong dalam jenis kenari tertua,nam beda dari kenari ini sebelum mempunyai nama chesh ialah turncrown dan king of the fancy(raja fantasi). Ada 2 jenis kenari chest yakni kenari berjambul dan tidak berjambul. Biasanya kenari yang berjambul maka bakal di ikutkan dalam kontes burung dengan jambulnya yang bakal dinilai.

9. Kenari Cinnamon

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Cinnamon ialah jenis kenari yang nyaris sama dengan jenis kenari norwich dan memiliki format tubuh serba bulat , dada bidang, serta sayap, ekor, paruh dan punggung yang pendek. Panjang tubuhnya berkisar antara 15-16 cm.

10. Kenari Lancashire

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari Lancashire ialah jenis kenari yang mempunyai ukuran tubuh sangat besar diantara jenis kenari lainnya. Ada 2 variant dari kenari ini yakni kenari coppy atau yang mempunyai jambul dan lancheshire plain atau yang berkepala polos. Kenari ini telah jarang ditemukan spesies aslinya.

11. Kenari London Fancy

Burung Kenari Dan Jenisnya
Kenari London Fancy ialah jenis kenari yang memiliki keanehan yaitu unsur kepala sampai ekor menyusun setengah lingkaran serta ukuran kepala agak kecil dan bulat, mempunyai leher ramping dan panjang, sayap agak panjang dan mempunyai kaki yang panjang.

12. Kenari Fife Fancy

Burung Kenari Dan Jenisnya

Kenari Fife Fancy ialah jenis kenari yang mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dari pada jenis london fancy dan bulu pada unsur sayap dan ekor berwarna putih dan panjangnya tidak lebih dari 11 cm. Jenis kenari ini gampang di ternakan.

13. Kenari Red Intensive

Burung Kenari Dan Jenisnya

Kenari Red Intensive ialah jenis kenari yang nyaris semua unsur tubuhnya berwarna merah, kenari ini berasal dari area samudra atlantik dengan panjang tubuh selama 14 cm.

Demikian keterangan kami tentang”Burung Kenari- Penjelasan, Klasifikasi Beserta Jenis-Jenisnya“, semoga berfungsi dan tidak boleh lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai bertemu dirtikel lainnya ya.




sumber : faunadanflora.com

DISCLAIMER!
Artikel diatas adalah Hak Cipta. Hak milik pengarang, pengubah, yang telah di terbitkan di website kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel